TRANSLATE

Minggu, 31 Januari 2010

Pulau Belitong, Laskar Pelangi, dan Ibu Muslimah

              Kalau membicarakan Pulau Belitong yang ada dibenak kita pasti tertuju pada Mega Best Seller Novel maupun Film bertajuk LASKAR PELANGI. Kalau kita mengikuti kisah sekelompok anak belitong itu, pasti tau seorang guru yang bernama Ibu Muslimah. Ya, mesti euforia Laskar Pelangi perlahan telah berlalu, namun banyak cerita yang ditinggalkan dari karya Andrea Hirata itu. 
          Sukses Film Laskar Pelangi berdampak positif terhadap dunia pariwisata Belitung melalui film yang diangkat dari novel karya Andrea Hirata ini, nama Belitung dikenal banyak orang. Sebelum Film Laskar Pela ngi menjadi booming, banyak orang yang tidak tahu dimana letak Pulau Belitung, tak terkecuali ketika presidium pembentukan Provinsi Bangka Belitung (Babel) tahun 2000 melakukan presentasi di depan anggota DPR RI.
          Pulau Belitung adalah pulau yang potensial. Kekeluargaan yang begitu bagusnya, begitupun dengan budayanya. Pulau indah, pemandangan unik pantai pasir putih asli dihiasi batu-batu granit yang artistik dan air laut sejernih kristal, dikelilingi oleh ratusan pulau-pulau kecil.
Lalu bagaimana dengan Ibu Muslimah. Siapakah Ibu Muslimah dan ada hubungan apa Ibu Muslimah dengan euforia Belitong dan Laskar Pelangi?. Pasti anda sudah tau sosok guru satu ini. Ya, guru yang sekarang menginspirasi banyak orang terutama guru itu sekarang menjadi ikon dari Pulau Belitung serta simbol pendidikan di sana. Sungguh dahsyat pengaruh dari kesuksesan Novel Laskar Pelangi yang berhasil di visualisasikan dalam bentuk Film oleh Trio sineas Mira Lesmana, Riri Riza, dan Salman Aristo ini. Semoga keteguhan dan keikhlasan Ibu Musilamah juga tertanam pada setiap pendidik di negeri ini.

0 komentar:

Poskan Komentar