TRANSLATE

Kamis, 18 Februari 2010

Aikon 2, Si Robot Seniman Jago Bikin Sketsa Wajah Manusia

Kemampuan menggambar bukanlah kemampuan yang dimiliki semua orang di bumi ini. Kalaupun bisa, mungkin hanya sekedarnya saja. Tapi rasanya kemampuan seperti itu memang terdengar awam karena banyak sekali kita temui orang-orang di sekitar kita yang dapat menggambar dengan baik sebuah objek. Nah, bagaimana yah kiranya kalau ada robot yang bisa menggambar?
Itulah yang dikuasai oleh robot Aikon 2 yang mana robot ini terbilang robot dengan biaya eksperimen seadanya. Rancangannya juga masih cukup sederhana yang mana hanya berupa sensor kamera dan juga lengan robot yang mampu menggambar sesuai dengan objek visual yang diterimanya.
Robot ini mampu mengenali detail wajah manusia dan menuangkannya di atas kertas. Lengan robot tersebut selanjutnya akan dengan lincah menari-nari di atas kertas dan membuat sketsa wajah orang yang berada di depan sensor kamera tersebut.
Robot ini dikembangkan oleh tim riset di Universitas Goldsmiths, London. Robot ini baru pertama kali ditampilkan di muka umum pada acara London Kinetic Art Fair minggu lalu. Memang kelihatannya gambarnya masih belum sempurna, bahkan masih bisa dikatakan robot ini baru bisa menggambar sketsa kasar wajah manusia, namun tentu hal ini cukup menarik sekali untuk terus dikembangkan karena robot ini nantinya diharapkan bisa mengenali bentuk wajah manusia termsuk persepsi visual subjektif terhadap objek manusia, mengambarkan gerak tubuh, aktifitas kognitif serta perlu dilatih lebih lama lagi untuk menghasilkan kreasi gambar wajah yang lebih jelas.
Dalam website resminya menekankan bahwa robot ini ditujukan agar bisa menggambar sesuai dengan gayanya sendiri. Bisa jadi butuh waktu yang lebih lama lagi untuk bisa mengembangkan robot ini ke depannya tapi tentu saja nantinya robot ini akan menjadi robot kelas seniman karena akan lebih digunakan untuk mengerjakan pekerjaan seorang seniman pada umumnya.

0 komentar:

Poskan Komentar