TRANSLATE

Jumat, 12 Februari 2010

Top 10 Negara dengan Pembunuhan Tertinggi

1. Elsalvador
Pertumbuhan rata-rata per 100.000 jiwa adalah  58,07.  wah...wah...coba kalikan dengan 1 juta penduduk. Elsalvador merupakan negara kecil yang terdapat di amerika tengah. Tidak salah negara ini menempati nomor satu dunia. kondisi negara yang masih carut marut merupakan salah satu penyebab tingginya angka pembunuhan di negara latin itu.

2. Belize
Pertumbuhan rata-rata per 100.000 jiwa adalah 32,67. Belize adalah sebuah negara kecil di pesisir timur Amerika Tengah, berbatasan dengan Meksiko di sebelah barat laut dan Guatemala di barat dan selatan. Honduras terletak 75 km ke arah tenggara. Dalam bahasa Spanyol, Belize seringkali disebut Belice. Dahulu disebut Honduras Britania hingga 1973, Belize adalah bekas jajahan Britania Raya selama lebih dari satu abad. Nama "Belize" diambil dari Sungai Belize. Sama dengan tetangganya Elsalvador, perekonomian yang masih sangat lemah menyebabkan tingginya angka pembunuhan di negara kecil itu.

3. Ekuador
Pertumbuhan rata-rata per 100.000 jiwa adalah 18,07. Republik Ekuador adalah sebuah negara di Amerika Selatan bagian barat laut, berbatasan dengan Kolombia di utara, dengan Peru di timur dan selatan, dan dengan Samudra Pasifik di barat. Negara ini juga termasuk Kepulauan Galapagos (Nusantara Colón) di Pasifik, sekitar 965 km sebelah barat pulau utama. Ekuador terletak pada khatulistiwa (Ecuador adalah bahasa Spanyol untuk "khatulistiwa") dan mempunyai wilayah sebesar 272.045 km². Quito adalah ibu kota Ekuador. Republik Ekuador merupakan salah satu dari tiga negara yang muncul dari jatuhnya Gran Colombia pada 1830 (lainnya adalah Kolombia dan Venezuela). Tak heran negara ini masuk dalam negara dengan pembunuhan tertinggi di dunia. sama halnya dengan negara latin lainnya, perekonomian, pemerintahan yang labil, banyaknya aksi demonstrasi anarkis, dan lain sebagainya.

4. Republik Dominika
Lagi-lagi dari amerika latin. Negara yang sangat asing bagi kita ini memiliki Pertumbuhan rata-rata per 100.000 jiwa adalah 15,99. Republik Dominika adalah sebuah negara kepulauan yang menguasai 2/3 Hispaniola, pulau terbesar kedua di gugusan kepulauan Laut Karibia, Amerika Tengah. Sepertiga bagian lainnya merupakan milik Haiti. Luas wilayah Republik Dominika lebih kurang sama dengan Provinsi Jawa Timur. Pulau ini ditemukan oleh Christopher Columbus pada 1492. Columbus memberi nama pulau ini 'la Espanola' dan putranya Diego menjadi raja muda pertama negeri tersebut. Santo Domingo, ibu kota negara ini, ialah permukiman pertama bangsa-bangsa Eropa di belahan barat bumi.

5. Paraguay
Masih amerika latin.  Pertumbuhan rata-rata per 100.000 jiwa adalah 12,33. negara yang tak mempunyai garis pantai dan memisahkan argentina dengan Brasil ini masih digolongkan kedalam negara miskin. salah satu penyebab tinnginya tingkat pembunuhan adalah fanatisme yang berlebihan antar warga negara itu. Juga kekuasaan pemerintah yang masih lemah. Hal yang lazim kita lihat pada kebanyakan negara latin.

6. Mongolia
Wakil terdepan dari asia. Pertumbuhan rata-rata per 100.000 jiwa adalah 11,94. Mongolia (bahasa Mongol: Монгол Улс) adalah sebuah negara yang terkurung daratan di Asia Timur, berbatasan dengan Rusia di sebelah utara dan Republik Rakyat Cina di selatan. Mongolia merupakan pusat Kekaisaran Mongol pada abad ke-13, tetapi dikuasai oleh Dinasti Qing sejak akhir abad ke-17 hingga sebuah pemerintah merdeka dibentuk dengan bantuan Uni Soviet pada 1921. Setelah keruntuhan Uni Soviet, Mongolia menganut aliran demokrasi. Dengan luas wilayah yang sebanding dengan Alaska, sebagian besar wilayah Mongolia memiliki tanah yang gersang: kebanyakan wilayah berupa padang rumput, dengan pegunungan di bagian barat dan utara dan Gurun Gobi di selatan. Mayoritas penduduknya beretnis Mongol yang menganut agama Buddha Tibet dengan kehidupan nomad.

7. Kazakhstan
Pertumbuhan rata-rata per 100.000 jiwa adalah 11,29. Kazakhstan adalah negara pecahan Uni Soviet yang terbesar kedua setelah Rusia. Di negara ini banyak terdapat etnis Rusia. Tempat peluncuran roket luar angkasa Rusia, Baikonur, juga terletak di Kazakhstan. Kazakhstan berbatasan dengan Rusia, Republik Rakyat Cina, Kirgizstan, Uzbekistan, Turkmenistan, dan Laut Kaspia. Negara asia tengah ini memiliki daerah kosong yang banyak.

8. Panama
Masih dari wilayah amerika latin. Pertumbuhan rata-rata per 100.000 jiwa adalah 11,04. Panama adalah negara sempalan Kolombia. Negara ini merupakan negara paling selatan Amerika Tengah dan merupakan jembatan alami antara benua Amerika Utara dan Amerika Selatan. Dia berbatasan dengan Kosta Rika di sebelah barat dan Kolombia di timur. Negara ini dilintasi oleh Terusan Panama.

9. Meksiko

Meksiko melengkapi dominasi negara amerika latin dalam hal tingkat pembunuhan. Pertumbuhan rata-rata per 100.000 jiwa adalah 10,97. adalah sebuah negara yang terletak di Amerika Utara, berbatasan dengan Amerika Serikat, Guatemala dan Belize di sebelah tenggara, Samudra Pasifik di barat, dan Teluk Meksiko dan Laut Karibia di sebelah timur. Ia merupakan negara terbesar ketiga di Amerika Latin dan juga negara yang paling banyak berbahasa Spanyol. Nama negara ini diambil dari nama ibu kotanya, yang berasal dari nama ibu kota kuno Aztec yaitu Mexico-Tenochtitlan. Mexi ialah sebagian nama Mexitli, yaitu nama dewa perang, sedangkan co bermakna 'tempat' dan ca bererti 'orang'.
Sejak Perang Dunia II, negara ini telah mengubah tumpuan dari ekonomi berdasarkan pertanian kepada ekonomi pertambangan. Meksiko kaya dengan minyak bumi dan pada satu ketika merupakan negara terbesar ke-10 penghasil minyak bumi di dunia. Di samping itu, negara ini merupakan pengekspor perak yang terpenting di dunia. Antara dasawarsa 1940-an dan 1980-an negara ini mengalami pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat tetapi ia ambruk akibat pinjaman yang berlebihan. Pada tahun 1980-an, negara ini dilanda inflasi. Tetapi ia kembali pulih pada 1990, saat menyertai NAFTA. Kini, pemerintah Meksiko yang baru telah mengalihkan tumpuan dari minyak bumi kepada industri ringan dan ekspor pula. Selain itu, sektor pariwisata telah menjadi sumber ekonomi yang semakin penting. Jumlah penduduk yang padat di kota-kota besar menyebabkan banyaknya timbul kemisiskinan. Hal klasik kalau kita bandingkan dengan Jakarta.


10. Kyrgyzstan
Negara terakhir yang masuk daftar 10 besar. Pertumbuhan rata-rata per 100.000 jiwa adalah 8,48. Kirgizstan ialah negara kecil, miskin, bergunung dengan ekonomi utamanya pertanian. Gandum, kentang, gula bit, kapas, wol, tembakau, buah, daging sapi dan daging domba merupakan produk pertanian yang utama, dengan kapas, wol dan daging ekspor utama. Ekspor industri termasuk emas, merkuri, uranium, dan listrik. Kirgizstan telah merupakan salah satu negara paling progresif dari bekas Uni Soviet dalam melaksanakan reformasi pasar. Menyusul kesuksesan program stabilisasi, yang menurunkan inflasi dari 88% pada 1994 menjadi 15% pada 1997, perhatian telah sejak saat itu berbalik terhadap perkembangan yang menimbulkan semangat. Banyak saham perusahaan pemerintah telah terjual. Penurunan dalam produksi telah menjadi keras sejak ambruknya Uni Soviet pada Desember 1991, namun dari pertengahan 1995 produksi mulai pulih dan ekspor mulai bertambah. Pensiunan, pengangguran, dan pekerja pemerintah dengan tunggakan pajak terus diderita. Bantuan luar negeri memainkan peran besar dalam perubahan haluan ekonomi negara. Pemerintah telah mengambil serangkaian langkah untuk memberantas berbagai masalah berat seperti utang luar negeri yang berlebihan, inflasi, pungutan pajak yang tak cukup, dan jatuhan dari kekacauan ekonomi Rusia. Kirgizstan telah menikmati perkembangan tegap tiap tahun sejak 1999.

KESIMPULAN : 
Dari 10 daftar diatas dapat dianalisis bahwa kawasan amerika latin dan asia tengah merupakan kawasan yang mempunyai tingkat pembunuhan tertinngi bila dibandingkan dengan kawasan lain. lalu bagaimana dengan Indonesia?..........silahkan anda cari sendiri

0 komentar:

Poskan Komentar